Untung dan Rugi Usaha Online

Bisnis Online - Tidak diragukan lagi bahwa untuk sekarang ini bisnis online memiliki prospek bisnis yang cukup besar. Peluang bisnis yang terbilang mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan yang besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari berjualan barang maupun menawarkan jasa secara online melalui media yang berbentuk toko online, hingga membantu penawaran produk sebagai reseller maupun affiliate banyak diminati para pencari usaha.


Peluang pada bisnis online sama halnya seperti peluang usaha offline, yang dapat dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Baik keuntungan dalam bentuk materi maupun keuntungan tidak langsung misalnya berupa jaringan bisnis yang sangat luas. Dalam menjalankan bisnis online, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tergantung pada ketekunan serta optimalisasi media website maupun media online yang digunakan, seperti jejaring sosial (facebook dan twitter) atau email.

Kelebihan Bisnis Online dari Bisnis Offline

Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang sama sekali tidak dimiliki oleh bisnis offline. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :

Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet.
Jangkauan pemasaran yang lebih luas. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan marketing. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke luar negeri. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen.
Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline.
Memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan.
Bisnis berjalan non stop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem.
Memberikan kemudahan kepada konsumen secara online. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.

Kelemahan Bisnis Online

Kelemahan bisnis online secara umum diantaranya yaitu:

Ditentukan oleh Optimasi Website. Pelaku bisnis online diwajibkan untuk menguasai teknik optimasi mesin pencari atau yang disebut search engine optimization (SEO). Ini merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin menjalani bisnis online. Dalam optimasi website, terkadang seorang pelaku bisnis online akan mendapatkan masalah yang sangat fatal seperti website kena penalty (contohnya google banned). Hal ini biasanya terjadi karena proses optimasi website yang berlebihan (over).
Perlu kesabaran yang membutuhkan banyak waktu. Ini sangat berhubungan erat dengan proses optimasi website. Bisnis online sangat tergantung pada media online seperti website, jadi cepat atau lambatnya proses marketing pada bisnis online ini ditentukan oleh reputasi atau pertingkat website pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing atau ask. Rata-rata diperlukan waktu sekitar 1-2 bulan untuk melakukan optimasi website secara optimal yang sesuai dengan peraturan SEO dari mesin pencari.
Kepercayaan dari konsumen. Ini merupakan faktor yang jadi penentu berhasilnya follow up tujuan bisnis online yang dijalankan hingga terjadi kesepakatan transaksi dengan konsumen. Dalam hal ini pelaku bisnis online harus pintar membangun kepercayaan pada calon konsumen atau mitra kerja dengan mengedepankan berbagai pelayanan yang baik dan kedisiplinan, sehingga konsumen merasa puas dan tidak merasa kecewa sedikit pun.
Demikianlah artikel tentang keuntungan dan kerugian bisnis online. Terima kasih

No comments:

Post a Comment